BERBAGAI ALAT DAN BAHAN UNTUK MEMBUAT TAHU

MESIN DAN PERALATAN PEMBUATAN TAHU

ALAT DAN BAHAN UNTUK MEMBUAT TAHU

Di Indonesia yang namanya tahu dapat dikatakan sebagai makanan sejuta umat karena hidangan yang satu ini dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Kuliner-kuliner tradisional Indonesia dari berbagai daerah juga banyak yang memanfaatkan penganan dari kedelai ini untuk berbagai macam olahan. Walaupun harganya sangat terjangkau tapi tahu adalah makanan yang bergizi dan dapat memenuhi kebutuhan protein nabati bagi tubuh sekaligus merupakan makanan rendah lemak. Bagi Anda yang penasaran,  berikut ini adalah informasi tentang alat dan bahan untuk membuat tahu untuk menambah wawasan Anda.

Berbagai Alat dan Bahan Untuk Membuat Tahu

Untuk mengolah tahu secara tradisional dalam sekali produksi paling sedikit digunakan 5 kg kedelai. Untuk dapat dijadikan tahu Anda juga membutuhkan 1 gram batu tahu dan air secukupnya. Sementara peralatan yang wajib tersedia untuk membuat tahu adalah:

  1. Ember besar
  2. Kain blancu untuk menyaring
  3. Nyiru atau tampah
  4. Kayu pengaduk
  5. Rak bambu
  6. Keranjang
  7. Cetakan
  8. Kompor atau tungku
  9. Alu

Cara  membuat tahu:

  1. Kedelai harus dicuci sampai bersih dan harus dipastikan bebas kotoran. Inilah sebabnya pencucian sebaiknya dengan air yang mengalir. Pencucian kedelai paling tidak dilakukan hingga 3 atau 4 kali agar kedelai yang diolah menjadi lebih higienis untuk meminimalkan terkontaminasi bakteri dan kuman yang masih tertinggal pada biji kedelai.
  2. Kulit air kedelai kemudian dikelupas dengan alat tradisional dan bila seluruh kulit tipis tersebut telah terpisah dari bijinya, kedelai kemudian digiling atau ditumbuk sampai benar-benar halus dan berubah menjadi bubur kedelai. Tujuannya adalah agar diperolah tahu yang lezat serta bertekstur lembut.
  3. Ketiga adalah pemasakan kedelai dengan dimasukkan ke dalam wadah besar lalu direbus sampai matang. Selain menggunakan kompor Anda juga dapat menggunakan pembakaran tradisional atau tungku dan kayu bakar untuk mendapatkan aroma tahu yang lebih nikmat.
  4. Berikutnya adalah penyaringan adonan yang telah matang dengan dicampur air asam dan diaduk perlahan-lahan. Bubur kedelai berikutnya akan menggumpal menjadi bakal tahu.
  5. Gumpalan bakal tahu berikutnya dipisahkan dari air asam yang telah bercampur dengan bahan pengental. Setelah itu tahu dapat dicetak dengan ukuran sesuai keinginan.
  6. Alat untuk membuat tahu pada proses ini adalah saringan tahu atau kain blancu dan alat pres. Dengan demikian bentuk tahu akan seragam dan teksturnya juga menjadi lebih padat.
  7. Proses berikutnya adalah perebusan agar tahu menjadi semakin padat serta dapat awet lebih lama. Bila tahu dibiarkan tanpa pewarna maka hasilnya menjadi produk tahu putih, tapi bila produsen ingin membuat tahu kuning Bandung, dapat ditambahkan pewarna alami bubuk kunyit.

Demikianlah peralatan yang digunakan untuk membuat tahu secara tradisional. Tapi proses yang terlalu panjang serta waktu pembuatan yang lama tentu tak akan sanggup memenuhi permintaan berskala besar. Karena itu di jaman sekarang ini semakin jarang ditemukan pembuat tahu yang masih menggunakan system konvensional tersebut, sebaliknya, bahkan pada pabrik-pabrik tahu rumahan sudah menggunakan berbagai mesin atau alat pembuatan tahu. Mesin-mesin  yang dimaksud adalah mesin pemecah kedelai atau mesin sosoh yang berguna untuk mengupas kulit ari kedelai.

Untuk proses berikutnya adalah penggilingan untuk menjadikan kedelai yang telah dikupas menjadi bubur kedelai dengan mesin penggiling. Setelah itu bubur kedelai siap direbus hingga menjadi adonan yang berbentuk seperti susu. Lalu dilakukan penyaringan untuk memisahkan sari kedelai dan ampasnya baru dapat ditambahkan asam cuka untuk menggumpalkan adonan hingga berbentuk seperti tahu. Kemudian gumpalan calon tahu dicetak pada wadah yang telah diberi alas kain blancu.

Alat dan Bahan Untuk Membuat Tahu Tasudo

Selain menggunakan cara tradisional dan modern, saat ini bahkan sudah hadir inovasi baru mesin pembuatan tahu yang disebut mesin tasudo. Mesin ini akan menghasilkan tahu yang lebih sehat disebut sebagai tahu magnesium atau tahu nigarin. Mesin penggiling kedelai atau pembuat tahu ini memiliki berbagai kelebihan yang tidak dapat dilakukan oleh mesin-mesin pembuat tahu umumnya, yaitu dapat mempersingkat proses produksi karena secara otomatis dapat memisahkan kulit ari kedelai serta memisahkan ampasnya.

Selain itu mesin tasudo juga ramah lingkungan karena hampir tak menghasilkan limbah yang berbau tak sedap. Ampas hasil pengolahan tahu juga masih dapat dimanfaatkan menjadi produk sampingan lain yang bisa dikembangkan menjadi bisnis kuliner unik berbahan kedelai, seperti donat kedelai, perkedel, mie, kerupuk, keripik tempe, roti, kue-kue, nugget kedelai sehat, kecap, dan lain sebagainya. Tahu yang diolah dengan mesin tasudo ini juga lebih sehat, bercitarasa lezat, serta bertekstur lebih lembut tapi tak mudah hancur.

Alasannya, karena produksi tahu tasudo tidak menggunakan bahan pengental atau koagulan biasa, yaitu cuka, melainkan Sari Bahari yang diolah dari air laut. Sari Bahari kaya akan mineral yang berguna bagi kesehatan tubuh sekaligus dapat mencegah dan mengatasi berbagai penyakit degenerative seperti:   Alergi, anemia, asam urat, ambeien, batu ginjal, kencing manis, epilepsy, gangguan empedu, gangguan ginjal, gangguan otak, penyakit jantung, darah tinggi, gangguan hati, susah tidur, impotensi, dan lain sebagainya.

Mengonsumsi tahu magnesium juga akan membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah serta mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. Dengan demikian artinya memperkecil peluang untuk terserang stroke dan penyakit yang berhubungan dengan jantung Anda.

Bagi Anda yang berniat merintis bisnis kuliner dengan olahan hidangan berbahan dasar kedelai, segera akses situs http://www.tasudo.com/ untuk mendapatkan informasi yang lebih detail tentang mesin dan peralatan pembuatan tahu magnesium dan hasil sampingan olahan kedelai lainnya. Mesin tasudo ini sangat berkualitas yang dibuktikan dengan kesuksesannya meraih penghargaan dari Gubernur Jawa Timur sebagai mesin pembuat susu kedelai terbaik.

Tersedia 3 paket penjualan mesin tasudo, yaitu Paket TAS A, TAS B, dan TAS C. Untuk paket yang pertama berharga Rp. 8.300.000,- untuk  paket kedua berharga Rp. 12.250.000,-, dan untuk paket ketiga dibandrol paling mahal, yaitu Rp. 20.250.000,-. Anda dapat memilih paket penjualan yang paling sesuai dengan ketersediaan modal usaha. Semua paket penjualan tersebut menyediakan sebuah mesin tasudo berbahan stainless yang anti karat dengan kapasitas 35/kg 750  watt. Yang membedakan dari ketiga paket di atas adalah perlengkapan tambahan yang akan diperoleh konsumen.

Ketiga paket tersebut juga sama-sama mendapatkan bonus Sari Bahari untuk membuat tahu magnesium sebanyak 125 liter dan sebuah alat penyaring. Tak perlu datang ke toko offline-nya karena Anda juga dapat melakukan pemesanan secara online. Setelah melakukan order dan melunasi pembayaran Anda hanya perlu menunggu di rumah dan barang akan diantarkan ke alamat Anda dengan kondisi yang dijamin tetap baik tanpa kerusakan. Pengiriman mesin tasudo dapat dilakukan ke seluruh pelosok Indonesia untuk Anda yang berniat merintis bisnis kuliner atau produksi tahu magnesium.

Nah, semoga informasi tentang Alat dan bahan untuk membuat tahu ini bermanfaat!

Untuk Konsultasi Lebih Lanjut Silakan Hubungi Kami

Kontak Marketing

 +62 813-3325-6975
 +62 878-5908-4101
 DCDD63F1
 Whatsapp Klik
WA:0813-3325-6975

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!