MENGENAL MESIN PEMBUAT TAHU MANUAL

HARGA MESIN PEMBUAT TAHU

MESIN PEMBUAT TAHU MANUAL

Bagi masyarakat Indonesia rasanya belum lengkap bersantap tanpa ditemani tahu terutama karena rasanya yang lezat, dapat diolah menjadi berbagai macam kuliner, serta sebagai sumber protein nabati.  Walaupun yang pertama kali membuat  tahu adalah masyarakat Tiongkok, namun orang-orang Indonesia juga sudah lama mengenal  teknik pembuatan tahu, secara tradisional  tentunya. Seiring dengan semakin meningkatnya permintaan akan tahu mesin pembuat tahu manual  mulai digunakan untuk menambah jumlah produksi. Nah, berikut ini sekilas tentang perangkat tersebut.

Jenis-jenis Mesin Pembuat Tahu Manual

Tahu di Indonesia berkembang menjadi beragam jenis, seperti tahu putih, tahu susu, tahu kuning Kediri, tahu Sumedang, hingga tofu yang lembut, dan kembang tahu. Beragam kuliner dengan bahan dasar tahu juga menemani keseharian masyarakat Indonesia dan cukup banyak  diminati seperti stik tahu, tahu pedas atau gehu, tahu gejrot, serta tahu krispi. Inilah sebabnya produksi tahu masih menjanjikan peluang bisnis yang berprospek cerah.

Di  jaman sekarang ini  proses pembuatan tahu tentu saja tak lagi  dapat dilakukan secara tradisional karena tidak akan dapat mengejar tingginya permintaan. Inilah sebabnya mesin-mesin pembuat tahu mulai digunakan. Paling tidak ada 3 jenis mesin yang digunakan dalam produksi tahu, yaitu mesin pemisah atau pengupas kedelai dari kulit ari-nya, mesin penggiling, dan mesin pencetak atau pemotong tahu agar setiap produk mempunyai ukuran yang identik dan akurat.

Secara singkat dapat dijelaskan bahwa pembuatan tahu dimulai dari proses perendaman  untuk membuat kedelai mengembang, pencucian, serta penggilingan atau penghancuran kedelai, berikutnya kedelai yang telah menjadi bubur direbus sampai masak. Proses berikutnya adalah penyaringan, pengendapan, kemudian pencetakan. Dengan demikian paling tidak Anda memerlukan 3 macam alat untuk memproduksi makanan sejuta umat ini.

Membuat Tahu Dengan Mesin Pembuat Tahu Manual

Berikut ini adalah tahapan membuat tahu menggunakan mesin.

  1. Kedelai harus melalui proses perendaman selama paling tidak 24 jam atau sehari semalam.
  2. Berikutnya kedelai dimasukkan ke dalam mesin pengupas yang memisahkan biji kedelai dengan kulit arinya. Dengan mesin ini proses  pengupasan kedelai dapat dilakukan dengan lebih singkat.
  3. Masukkan kedelai yang telah bebas dari kulitnya ke dalam mesin penggiling ditambah air dalam jumlah yang sesuai. Kedelai berikutnya digiling hingga halus dan menjadi bubur kedelai.
  4. Ke-empat bubur kedelai yang masih merupakan campuran ampas dan susu kedelai direbus. Pada proses ini harus ditunggu terus-menerus agar petugas siap menambahkan air setiap kali di permukaan rebusan muncul busa.  Perebusan dapat dikatakan sudah selesai bila pada permukaannya tidak keluar busa lagi.
  5. Berikutnya bubur kedelai didinginkan baru kemudian disaring untuk memisahkan ampas serta cairannya. Air rebusan ini kemudian kembali direbus namun tak sampai mendidih.
  6. Cairan kemudian ditambahkan cuka makan dan didiamkan selama setengah jam hingga terbentuk gumpalan-gumpalan calon tahu yang telah terpisah di dalam air tersebut.
  7. Proses terakhir adalah memasukkan tahu untuk dipres pada wadah yang tersedia pada mesin pencetak. Tahu berikutnya dipotong-potong sesuai ukuran yang diinginkan dan siap dijual. Cara menggunakan mesin pres tahu ini cukup mudah. Pertama adonan tahu yang hendak dipadatkan dan dipotong dimasukkan ke dalam wadah lalu diletakkan pada posisi yang benar di bawah pisau pemotong. Agar wadah tidak bergeser kencangkan kuncinya. Untuk memotong tahu Anda tinggal memutar tuas untuk membuat pisau turun. Setelah proses ini selesai tahu dapat dipindahkan ke tempat lain tapi sebelumnya jangan lupa untuk mengangkat pisau ke posisi semula kembali dengan memutar tuas.

Mengapa Harus Menggunakan Mesin Pembuat Tahu Manual?

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya pembuatan tahu secara tradisional tak lagi sesuai di  jaman sekarang terutama bagi pengusaha  dimana kualitas secara kecepatan produksi adalah yang utama.  Inilah alasannya mesin-mesin atau alat pembuatan tahu mulai digunakan karena akan menghemat biaya, tenaga, serta menyingkat waktu dalam memproduksi tahu dalam skala besar.

Mesin-mesin tahu juga mempunyai banyak kelebihan, yaitu

  • Tak membutuhkan keahlian khusus untuk mengoperasikannya.
  • Gampang dalam perawatan dan pembersihan.
  • Dibuat dari baja stainless steel yang anti karat. Dengan begitu produksi tahu akan lebih higienis dan lebih aman bagi kesehatan konsumen. Mesin produksi tahu juga lebih awet dan tahan lama.

Di pasaran sendiri ada beberapa jenis mesin pembuat tahu  yang dapat disesuaikan dengan kapasitas produksi Anda, yaitu mesin berukuran kecil (60x45x120 cm). Mesin ini dapat digunakan untuk produksi tahu dengan kapasitas 12 kg per jam. Pada mesin berukuran besar (53,5×53,5×109 cm) kapasitas produksi tahu juga akan semakin banyak.

Selain mesin pembuat tahu sederhana sebagaimana yang telah diulas di atas untuk meningkatkan kualitas produksi tahu Anda juga bisa menggunakan mesin Tasudo. Nama tersebut bukan berasal dari Bahasa Jepang melainkan merupakan singkatan dari mesin tahu susu donat. Dapat dikatakan bahwa mesin ini dapat mengolah kedelai yang cocok  untuk  industry rumahan untuk usaha pembuatan tahu, susu, atau donat kedelai.

Keunggulan dari mesin ini adalah tidak menghasilkan limbah tahu sebagaimana pada produksi tahu biasa sehingga lebih ramah lingkungan. Dengan modal  mulai dari 8 juta rupiah untuk mesin tipe A, 12 juta rupiah untuk mesin tipe B, dan 20 juta rupiah untuk mesin tipe C, Anda sudah dapat merintis usaha kuliner dengan bahan dasar kedelai. Selain itu hanya dengan sebuah mesin saja Anda juga dapat memproduksi tahu tanpa proses pembuatan pada mesin yang terpisah-pisah. Kelebihan mesin tasudo ini secara detail adalah:

  1. Pisah ampas – Dengan tasudo kedelai yang digiling secara otomatis telah melalui proses pemisahan antara  sari kedelai dengan ampasnya.
  2. Komplit – Mesin tasudo ini sangat modern dan Anda sudah bisa langsung memproses kedelai menjadi tahu dengan sebuah mesin saja. Bandingkan dengan mesin pembuat tahu yang dijual secara terpisah yang tentu membutuhkan dana lebih besar untuk modal awal.
  3. Tanpa limbah – Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya memproses kedelai dengan mesin ini tak akan menghasilkan limbah karena pemrosesan langsung dilakukan dari air sari kedelai murni yang bebas dari ampas.  Yang lebih hebat lagi air tahu yang biasanya menjadi limbah kali ini dapat diolah kembali karena bebas bahan fermentasi.
  4. Ampas dapat diolah lagi – Ampas murni hasil dari produksi tahu dapat diolah menjadi berbagai kuliner sehat dari kedelai, seperti donat, mie, kerupuk, kecap, perkedel kedelai, kripik, nugget, dan lain-lain sesuai kreativitas memasak Anda.
  5. Hemat waktu – Sejak awal mesin tasudo ini dapat melakukan proses penyaringan serta pemisahan ampas dari sari kedelai secara otomatis. Dengan demikian waktu produksi dapat dipersingkat. Artinya Anda juga dapat menghemat dana untuk membayar gaji karyawan karena tak dibutuhkan tenaga sebanyak sebagaimana pada pabrik tahu konvensional.

Semoga informasi tentang mesin pembuat tahu manual ini bermanfaat buat anda.

Untuk Konsultasi Lebih Lanjut Silakan Hubungi Kami

Kontak Marketing

 +62 813-3325-6975
 +62 878-5908-4101
 DCDD63F1
 Whatsapp Klik
WA:0813-3325-6975

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!