Jenis-Jenis Tahu Modern Beserta Olahannya yang Kekinian

info jenis jenis olahan tahu – Jika Anda orang Indonesia tentu sudah sangat familiar dengan makanan yang satu ini. Berwarna putih dengan teksturnya sangat lembut, benar makanan tersebut adalah tahu. Masyarakat sangat mengemari jenis makanan ini, selain harganya yang murah namun kandungan gizinya sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Jadi tidak salah jika tahu dari dulu hingga sekarang masih menjadi primadona.

jenis jenis olahan tahu

Kacang kedelai tak hanya untuk bahan dasar pembuatan tempe saja. Tahu juga merupakan salah satu jenis makanan yang terbuat dari bahan kacang kedelai. Tahu juga kaya akan vitamin dan juga mineral. Dalam tahu terdapat sumber yang kaya akan zat besi, fosfor, kalsium, kalim, magnesium, dan juga tembaga. Berdasarkan Departemen Pertanian AS (USDA), tahu bahkan mengandung zinc yang merupakan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Mencari tahu sangat mudah untuk Anda temukan. Anda dapat menemukannya di pedagang sayur, pasar hingga swalayan. Dari harga dan ukuran jenis jenis tahu di indonesia juga sangat bervariasi untuk setiap tahunya. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan juga selera.

Manfaat Mengkonsumsi Tahu untuk Tubuh

Saat mengkonsumsi tahu, ada banyak sekali manfaat yang akan dirasakan oleh tubuh, seperti:

  1. Menurunkan Kolestrol

Manfaat mengkonsumsi tahu dapat mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsinya sebagai alternatif protein hewani dapat membantu menurunkan kolestrol jahat. Dibandingkan dengan daging sapi, tahu memiliki kadar asam lemak jenih yang lebih rendah dan kadar asam lemak tak jenuh yang lebih tinggi.

2. Mencegah Anemia

Tahu yang merupakan sebagai sumber zat besi sangat baik dan dapat untuk mencegah anemia. Kekurangan dari zat besi dapat menyebabkan penurunan sel darah merah sehat yang dapat menyebabkan anemia. Sebuah penelitian yang dilakukan di Negara Tirai Bambu menghasilkan bahwa manfaat dengan mengkonsumsi tahu dapat membantu menurunkan resiko terjadinya anemia yang dapat menyerang terhadap orang dewasa.

  1. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Manfaat dari tahu putih yang lain yaitu dapat mengurangi dari resiko penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular. Mengkonsumsi tahu dengan durasi waktu yang cukup sering dapat menurunkan kadar lemak jenuh bersama dengan keadar kolestrol dalam tubuh.

  1. Mencegah Penuan Dini

Manfaatmakan tahu secara teratur juga bisa memperlambat proses penuaan. Tahu juga bermanfaat untuk membantu mengeencangkan otot-otot wajah dan mempertahankan elastisitas kulit yang sangat bagus untuk memcegah penuan dini. Anda dapat melakukannya dengan membuat pasta tahu dan membuatnya menjadi masker wajah. Oleskan pada seluruh bagian wajah dan rasakan manfaatnya.

Bahan dan Cara Membuat Tahu

Bahan Pembuat Tahu:

  • Kedelai
  • Air Cuka/Sari Bahari
  • Air Secukupnya

Cara Membuat Tahu:

  • Memilih kedelai dengan kualitas yang baik.
  • Cuci kedelai dan rendam selama selama sekitar 6 jam.
  • Setelah itu kedelai kembali dicuci dengan air bersih sampai benar-benar sudah bersih.
  • Hancurkan kedelai menggunakan mesin pemecah kedelai.
  • Kedelai yang sudah hancur tersebut kemudian di giling dengan mesin hingga lembut. Dari proses ini dihasilkan santan kedelai.
  • Santan kedelai kemudian direbus hingga mendidih.
  • Setelah itu saring menggunakan wadah.
  • Campurkan asam cuka atau sari bahari untuk penggumpalan tahu dan tuangkan dalam cetakan tahu.
  • Press selama kurang lebih 2 menit agar air dapat terperas habis.
  • Potong tahu sesuai dengan ukuran yang telah Anda tetapkan.

 

Macam Macam Jenis Tahu Modern

Perlu untuk Anda ketahui bahwa tak hanya tahu putih, ada banyak sekali macam macam jenis tahu. Sebelum memilih jenis usaha tahu, akan lebih baik melihat penjelasan berikut ini.

  1. Tahu Kuning

Tak hanya tahu yang berwarna putih, ada juga tahu yang berwarna kuning yang sudah melegenda. Di Kota Kediri tahu kuning ini disebut dengan tahu takwa. Warna kuning tahu di dapatkan dari warna alami rempah-rempah kunyit. Sejak dulu hingga sekarang tahu kuning masih sangat banyak diminati oleh masyarakat. Selain itu masyrakat yang berkunjung ke kota kediri, selalu membawa buah tangan makanan khas tahu takwa.

  1. Tahu Pong

Tak hanya namanya saja yang unik, jenis tahu ini memang unik dan sedikit berbeda dengan tahu pada umumnya. Tahu ini memiliki tekstur terdapat lubang dibagian tengah tahu. Saat digoreng tahu juga akan mengembang dan terdapat rongga dibagian tengahnya. Namun jangan salah, rasanya juga seunik nama dan bentuknya.

  1. Tahu Bulat

Tahu bulat pernah viral beberapa tahun belakangan. Tahu yang biasanya berbentuk kotak diganti dengan bentuk bulat. Saat digoreng sangat menggoda untuk segera di cicipi. Hampir sama dengan tahu pong, bagian tengahnya berongga. Biasanya tahu ini dapat ditemukan dengan mudah pada pedagang di pinggir jalan yang berjualan dengan menggunakan mobil. Saat mengkonsumsi tahu ini, usahakan saat dalam keadaan hangat dan jangan lupa untuk memilih variasi yang lain.

  1. Tahu Sutera

Mendegarkan nama “sutera” pasti sudah terbayang bagaimana jenis tahu ini. Tahu sutera memiliki tekstur yang sangat lembut saat di konsumsi. Tahu ini pertama kali diproduksi di Negara Tirai Bambu. Namun saat mulai diproduksi di Indonesia, penikmat dari tahu sutera cukup banyak. Bahkan dijalan banyak ditemukan pedagang yang menjual tahu sutera goreng dengan petis.

  1. Tahu Susu

Jenis tahu yang satu ini tergolong baru. Meskipun baru namun sudah banyak pecinta tahu susu. Hampir sama teksturnya dengan tahu sutera, tahu susu saat di konsumsi juga sangat lembut di bagian dalamnya. Ada banyak sekali variasi dari tahu jenis ini. Mulai dari yang original, pedas, keju, dan juga mozarella.

Olahan Tahu Kekinian Cocok untuk Usaha

Banyaknya tahu modern saat ini membuat bermunculan berbagai macam kudapan makanan yang kekinian, berikut diantara jenis jenis olahan tahu seperti:

  1. Tahu Crispy

Tak hanya ayam yang disajikan dengan baluran tepung sehingga menjadi crispy yang banyak digemari semua generasi. Tahu juga mulai disajikan dengan menggunakan tepung. Rasanya tak kalah dengan enak dengan ayam crispy. Sangat cocok jika dikonsumsi pada saat masih dalam keadaan hangat. Masasalah harga pun sangat bersahabat. Jadi dapat dengan mudah sekali Anda memulai jenis usaha tahu crispy.

  1. Tahu Jelotet

Bagi pecinta pedas sangat disarankan untuk mencoba kudapan yang satu ini. Seperti pada tahu isi pada umumnya, tahu jelotet hanya diberikan tambahan isi irisan cabai rawit atau sambal. Memakannya sangat cocok ketika masi dalam keadaan panas. Hal ini akan menambah cita rasa dari kenikmatan Tahu Jelotet. Untuk memulai usaha ini juga sangat mudah. Cukup persiapkan tahu, isian untuk tahu, serta adonan tepung untuk menggoreng tahu.

  1. Tahu Walik

Jenis olahan makanan dari bahan dasar tahu modern yang satu ini bisa dibilang masih cukup baru. Namun meskipun begitu penggemar dari makanan ini sudah sangat banyak. Cara membuatnya juga cukup mudah yaitu dengan memotong bagian tengah tahu secara vertikal dan buang isinya, balik tahu kemudian isi dengan adonan tepung tapioka ataupun dengan campuran daging ayam. Isi tahu dan siap untuk digoreng. Biasanya tahu walik dengan isian daging ayam dijual dengan harga Rp.3.000- hingga Rp.5.000-, harga tengantung dari ukuran dan juga isi dari tahu walik.

  1. Tahu Bakso

Untuk yang satu ini bisa dibilang jenis makanan kekinian yang harganya cukup fantastis. Namun jangan khawatir rasa yang ditawarkan dari tahu bakso akan membuat siapa pun yang memakannya ketagihan untuk ingin lagi mengkonsumsinya. Jika Anda ingin memulai usaha tahu bakso pilihlah bahan baku yang berkualitas seprti tahunya dan juga daging sapinya. Saat menggunakan bahan yang terbaik maka akan menhasilkan cita rasa produk yang sangat lezat.

  1. Tahu Cabai Garam

Selain tahu jelotet, buat Anda penikmat tahu dan pecinta pedes sangat disarankan untuk mencoba olahan tahu modern yang kekinian ini. Cara pengolahannya juga sangat sederhana tahu. Langkah awal tahu dipotong kemudian di baluri tepung crispy dan di goreng hingga matang. Siapkan bawang putih dan juga cabai rawit tumis hingga harum dan campurkan dengan tahu yang telah digoreng sebulumnya.  Tahu cabai garam sangat cocok disajikan dengan nasi hangat, percayalah dengan memakan ini akan membuat Anda menghabiskan banyak nasi.

Untuk Konsultasi Lebih Lanjut Silakan Hubungi Kami

Kontak Marketing

 +62 813-3325-6975

 Whatsapp Klik
WA:0813-3325-6975

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!